Powered By Blogger

Selasa, 17 Mei 2011

Karakteristik Motor Induksi

Motor Induksi
Motor Induksi
Motor induksi (Induction Motor) merupakan salah satu peralatan yang banyak digunakan untuk berbagai aplikasi di Industri. Konstruksi yang sederhana, perawatan yang mudah, harga yang lebih murah, kehandalan tinggi dan efisiensi yang tinggi menjadikan motor induksi pilihan utama dalam mendukung proses produksi di industri. Mahasiswa Teknik Elektro harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang motor induksi. Postingan kali ini akan membahas tentang motor induksi dan karakteristiknya. Dengan memahami karakteristik motor induksi diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaannya…
Motor listrik merupakan suatu peralatan listrik yang dapat merubah energi listrik menjadi energi mekanik (putaran). Prinsip kerja motor listrik mengikuti Hukum Lorentz yang menyatakan bahwa apabila suatu penghantar yang berada dalam medan magnet yang di aliri arus listrik maka akan timbul suatu gaya yang disebut Gaya Lorentz. Gaya inilah yang menghasilkan gerak putaran dari motor Induksi.
Motor listrik digunakan untuk menggerakkan berbagai peralatan di industri seperti pompa, kompresor, fun, blower, konveyor dll. Eenergi mekanis yang di peroleh motor listrik pada umumnya dalam bentuk putaran. Bila energi mekanis putar dapat dengan mudah diubah  menjadi gerakan linier, karena motor listrik mempunyai prinsip kerja yang sederhana, maka perlengkapannya pun sederhana dengan demikian biaya perawatannya akan lebih mudah dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar