Powered By Blogger

Selasa, 24 Mei 2011

Who The Next



A.    Sejarah Hidupku
Saya adalah anak ke 2 dari 5 bersaudara. Ayah saya adalah seorang yang memiliki pekerjaan yang tidak tetap. Pernah bekerja di proyek, berjualan bawang utih, berjualan kerupuk, menjadi supir truk, dan sekarang bekerja di proyek lagi.

Dulu, sempat terpikir untuk tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tapi karena ibu memiliki hajat bahwa anaknya harus ada yang Sarjana, maka hati saya tergerak untuk megabulkan cita-cita tersebut. Dengan sedikit uang tabungan, saya mendaftar seleksi masuk jalur PBU UNY. Tidak hanya itu, saya juga coba mengikuti jalur BEA ETOS, yakni program kuliah beasiswa gratis selama 3 tahun. Dari kedua usaha ini, semuanya menerima saya untuk masuk kuliah lewat jalur ini.

Dari PBU UNY, saya diterima di jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Dari jalur bea etos, saya disuruh untuk memilih jurusan Elektro UGM, atau Elektro ITB. Karena sebagai seorang muslim, maka saya melakukan Sholat istikhoroh. Seusai sholat, Allah menunjukan pada saya gapura bertuliskan Universitas Negeri Yogyakarta. Sehingga, saya mantapkan pilihan saya di Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahlamdulillah, dengan kuliah di UNY, saya dapatkan banyak peluang dan menghasilkan bayak prestasi, salah satunya adalah menjadi Mapres FT ini.

Tanda hitam dalam tulisan ini menandakan bahwa kita itu:
1.      Menyayangi orang tua, karena doa orang tua sangatlah diijabah
2.      Rajinlah menabung untuk menggapai cita-cita
3.      Jangan pernah lupakan factor Tuhan. Karena Dialah yang menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam hidup ini.

B.     Seleksi Mapres
Ajang Mapres UNY dilakukan melalui beberpa tahapan, diantaranya:
1.      Seleksi tingkat jurusan
2.      Seleksi tingkat fakultas,
3.      Seleksi tingkat Univ, dan
4.      Seleksi tingkat nasional
Adapun yang dinilai dalam seleksi mapres adalah;
1.      IPK (Indeks Prestasi Komulatif)
2.      Portofolio, yaitu pengumpulan berkas-berkas sertifikat atau tanda bukti lain akan:
a.       Keikutsertaan dalam kegiatan kemasiswaan
b.      Keikutsertaan dalam kegiatan penelitian kemasiswaan
c.       Keikutsertaan dalam kegiatan penelitian
d.      Keikutsertaan dalam kegiatan pengabdian masyarakat
e.       Prestasi2 yang pernah diraih
3.      Karya tulis
4.      Kemampuan berbahasa inggris

C.    Hambatan dan tantangan dalam menuju kesusksesan
Hambatan:
1.      Terkadang rasa malas datang dan merusakan semangat yang ada
2.      Rasa sombong akan membuat seseorang merasa lebih cukup dan enggan untuk belajar dari orang lain
3.      Seringnya ada anggapan bahwa “ini sulit”

D.    Tips agar menjadi mahasiswa yang berprestasi
1.      Tentukan minat atau ketertarikan. Misal minat di bidang tekhnologi
2.      Tentukan lembaga yang dapat mengembangkan bidang yang anda gemari, misalkan “UKM Penelitian, atau Tim Robot UNY”
3.      Berkumpulah denga orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama
4.      Jangan menyerah untuk selalu bertanya
5.      Sering lihat pengumuman
6.      Selalu searching di internet tentang lomba di bidang yang digemari tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar